Jumat, 25 Mei 2018

Trump Buka Lagi Peluang Pertemuan dengan Kim Jong Un 12 Juni


Sogo4d - Rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura sempat dibatalkan. Namun, kini Trump menyampaikan masih ada peluang pertemuan itu tetap digelar 12 Juni mendatang.

"Kita lihat apa yang akan terjadi. Pertemuan itu bisa terjadi pada 12 (Juni). Kami tengah berbicara dengan mereka. Mereka sangat ingin bertemu, kami juga ingin melakukannya," kata Trump dikutip dari BBC. Sabtu (26/5/2018).


Wakil Menlu Luar Negeri Kim Kye-gwan mengatakan pembatalan pertemuan itu 'sangat disayangkan'. Pertemuan tanggal 12 Juni itu rencananya akan digelar di Singapura dan merupakan pertemuan perdana Presiden AS dengan pimpinan Korea Utara.
Pada Kamis (24/5), Trump menyalahkan 'perang terbuka' Korea Utara terkait pembatalan rencana pertemuan dengan kim jong un  Korea Utara kemudian menyampaikan kesiapannya untuk bicara 'kapan saja dan dalam media apapun'.


Sebelumnya banyak pimpinan-pimpinan negara yang menyesalkan batalnya pertemuan antara Trump dan Jong Un tersebut. Sebab, pertemuan kedua tokoh itu penting untuk membahas denuklirisasi Semenanjung Korea dan mengurangi ketegangan antara AS dan Korut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar